Program / Road Map Penelitianx

Road Map Pengembangan Penelitian

Dalam rangka memenuhi arah pengembangan universitas jangka pendek dan jangka panjang, maka arah pengembangan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dibuat sejalan dengan arah pengembangan universitas tersebut

Sebagai institusi yang bergerak di bidang pendidikan, tujuan pendidikan di UKI adalah:


1. Membangun kemampuan untuk dapat menguasai dasar-dasar IPTEKS dan mempraktekkannya di masyarakat
2. Membangun kemampuan meneliti (Research skill development)
3. Membangun kemampuan berinovasi (Innovation skill development)
4. Membangun kemampuan berwirausaha (Enterpreneurship skill development)
5. Membangun kemampuan memimpin (Leadership development)
6. Membangun keterampilan disiplin lintas ilmu (Inter-disciplinary skills development)

Dalam mencapai tujuan penelitian tersebut, peranan dosen sangat penting. Pelaksanaan tugas utama dosen yaitu Tridharma Perguruan Tinggi harus ditingkatkan

Untuk menggiatkan pelaksanaan penelitian di UKI, maka ada beberapa jenis peneltian yang dijalankan di UKI, yaitu:

1. Penelitian reguler
2. Penelitian UKI outlook
3. Penelitian Family Folder
4. Penelitian Pusat Studi
5. Penelitian Unggulan
6. Penelitian Hibah


Berkaitan dengan penelitian unggulan, tema penelitian unggulan akan bertambah setiap lima tahun. Selain tema penelitian unggulan, cakupan bahasan pun akan berubah sesuai dengan permintaan pada saat periode tersebut. Perubahan tema penelitian dari tahun 2015–2029 dapat dilihat pada Gambar berikut:

Selain tema penelitian, isi penelitian juga akan berubah sesuai dengan perjalan waktu. Perubahan isi penelitian tersebut dapat dilihat pada Gambar berikut : Mengikuti perkembangan UKI yang terdiri dari 4 tahap sebagai berikut:

Teaching University (Kopertis III) --> Teaching University (Nasional) --> Preresearched University (ASEAN) --> Researched University (ASEAN)

maka road map penelitianpun akan diarahkan mengikuti perkembangan. Road map penelitian
UKI dibagi berdasarkan:
1. Tahapan pencapaian
2. Thema penelitian
3. Isi penelitian
4. Lokasi penelitian

a. Teaching University (Kopertis III)
Pada tahapan capaian teaching di tingkat Kopertis III, peranan bidang penelitian masih belum menonjol dibanding dengan pengajaran karena dosen diarahkan untuk fokus agar dosen-dosen mampu mentransfer dasar-dasar IPTEKS kepada mahasiswa dan mampu menerapkannya di masyarakat. Pada level ini, pengajaran di bidang kewirausahaan dan kepemimpinan juga diperkenalkan meskipun tidak disampaikan dengan cara terprogram sampai ke tingkat praktek. Di bidang penelitian, berbagai jenis penelitian ditawarkan kepada dosen di UKI yang tujuannya adalah bagaimana agar dosen UKI termotivasi untuk melakukan penelitian. Dilihat dari pembiayaan, jenis penelitian 1 sampai dengan 5 merupakan jenis-jenis penelitian yang dibiayai oleh UKI, sementara penelitian 6 merupakan penelitian yang dibiayai oleh pemerintah dan masyarakat. Dilihat dari tema penelitian untuk penelitian unggulan, maka pada tahap ini, tema penelitian unggulan berfokus pada energi, kesehatan, dan pembangunan regional. Penelitian dilakukan dalam konteks pembangunan di bidang energi, kesehatan, dan pembangunan regional yang didasarkan pada pembangunan berkelanjutan (sustainble development). Dilihat dari isi penelitian, maka pada periode ini, isi penelitian dikembangkan dari penelitian dasar sampai penelitian terapan dan penelitian eksperimen. Karena tujuan dari UKI adalah bagaimana membangun dari daerah pinggiran, maka penelitian difoukuskan untuk daerah-daerah tertinggal. Meskipun difokuskan untuk daerah-daerah tertinggal, tidak tertutup kemungkinan penelitian dilakukan di daerah-daerah yang tidak termasuk dalam ketegori daerah tertinggal.

Untuk mencapai target-target penelitian diatas, maka perlu dibuat strategi dasar, kebijakan dasar serta indikator kinerja untuk mengukur keberhasilannya yang dapat dijelaskan sebagai berikut:


1. Strategi dasar
- Melakukan pelatihan penulisan proposal dan laporan akhir penelitian bagi dosen pemula/dosen yang berpangkat Tenaga Pengajar dan Asisten Ahli
- Meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kebutuhan penelitian
- Menjalin kerjasama dengan instutsi luar untuk mendapatkan hibah penelitian


2. Kebijakan dasar
- Setiap dosen akan mendapat insentif kalau mempublikasikan paper
- Setiap dosen TP dan AA tidak diperkenankan melakukan kegiatan ajar mengajar kalu tidak melakukan penelitian.


3. Indikator kinerja
- Jumlah penelitian dari TP dan AA meningkat
- Jumlah publikasi meningkat
- Jumlah penelitian yang bertemakan penelitian unggulan

b. Excellent Teaching University (Nasional)
Pada tahap ini, pengajaran masih memegang peranan utama. Teknik penyampaian materi kepada mahasiswa ditingkatkan melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana serta dilengkapi dengan pembangunan teknologi informasi sehingga materi pembelajaran bisa diserap mahasiswa dengan baik. Pada tahap ini, materi untuk peningkatan kemampuan kewirausahaan dan kemampuan kepemimpinan juga dikembangkan. Di bidang penelitian, jenis-jenis penelitian yang ditawarkan kepada dosen sama dengan tahap pertama ditambah dengan UKI Scholar Program. UKI Scholar Program merupakan program pengkondisian seorang dosen untuk memfokuskan dirinya melakukan penelitian. Tema-tema penelitian unggulan pun ditambah pada tahap ini untuk melengkapi tema penelitian unggulan yang ada pada tahap I. Tema-tema penelitian yang ditambah adalah lingkungan dan ICT. Penambahan kedua tema penelitian ini tidak akan mengubah konsep dasar pembangunan, yaitu pembangunan berkelanjutan. Dilihat dari lokasi penelitian, daerah terpencil masih merupakan fokus utama, sementara daerah-daerah lain akn merupakn menjadi pilihan alternatif.

1. Strategi dasar
? Melakukan pelatihan penulisan proposal dan laporan akhir penelitian
bagi dosen pemula/dosen yang berpangkat Tenaga Pengajar dan
Asisten Ahli
- Meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk
kebutuhan penelitian
- Menjalin kerjasama dengan instutsi luar untuk mendapatkan hibah
penelitian


2. Kebijakan dasar
- Setiap dosen diharuskan untuk meningkatkan materi ajar
berdasarkan hasul penelitian
- Setiap dosen akan mendapat insentif kalau mempublikasikan paper
- Setiap dosen TP dan AA tidak diperkenankan melakukan kegiatan
ajar mengajar kalu tidak melakukan penelitian.


3. Indikator kinerja
? Output penelitian sebagai pendukung proses pembelajaran
? Jumlah hibah penelitian meningkat

c. Pre-researched University (ASEAN)
Pada tahapan yang ketiga, UKI berencana menjadi pre-researched university. Tahapan ini merupakan tahapan untuk mempersiapkan UKI menjadi researched university pada 2030-2035. Semua jenis-jenis penelitian yang telah dilaksanakan sebelumnya tetap diteruskan pada periode ini. Hanya yang perlu ditingkatkan adalah kualitas dan kuantitas penelitian yang dilakukan dosen. Disamping itu pusat studi dikembangkan berdasarkan thematic areanya. UKI Scholar Program dikembangkan tidak hanya diperuntukkan bagi dosen-dosen tetap UKI, tetapi juga dibuka untuk umum, termasuk scholar-scholar dari luar negeri. Dengan adanya program ini diharapkan publikasi paper di jurnal internasional akan meningkat. Pada fase ini, tema penelitian dikembangkan ataupun ditambah menjadi pangan, air, dan ketahanan dan keamanan, sehingga total tema penelitian unggulan menjadi 9, yaitu energi, kesehatan dan obat, ICT, lingkungan, pangan, air, dan pertahanan dan keamananan. Pada fase ini, lokasi penelitian dikembangkan menjadi level regional, yaitu ASEAN.


1. Strategi dasar
- Melakukan pelatihan penulisan proposal dan laporan akhir penelitian
bagi dosen pemula/dosen yang berpangkat Tenaga Pengajar dan
Asisten Ahli
- Meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk
kebutuhan penelitian
- Menjalin kerjasama dengan instutsi luar untuk mendapatkan hibah
penelitian
- Membangun science park


2. Kebijakan dasar
- Setiap dosen diharuskan untuk meningkatkan materi ajar
berdasarkan hasul penelitian
- Setiap dosen akan mendapat insentif kalau mempublikasikan paper
- Setiap dosen TP dan AA tidak diperkenankan melakukan kegiatan
ajar mengajar kalu tidak melakukan penelitian.


3. Indikator kinerja
- Output penelitian sebagai pendukung proses pembelajaran
- Jumlah hibah penelitian meningkat

d. Researched University (ASEAN)

Pada tahap ini UKI siap menjadi researched university. Semua jenis penelitian dilakukan untuk publikasi internasional. Pusat studi juga melakukan semua kegiatan sesuai dengan Pada phase ini, science park akan lebih banyak berperan. Isi penelitian selain difokuskan untuk publikasi jurnal tetapi juga bagaimanan HAKI diperbanyak dan sama juga halnya dengan komersialisasi. Materi pelajaran dan materi pkm akan diperkaya oleh hasil penelitian sehingga kualitas yang diajarkan benar-benar mengikutu perkembangnan jaman sama halnya dengan PKM.

1. Strategi dasar
? Meningkatkan SDM baik kualitas maupun kuantitas
? Meningkatkan sarana dan prasarana
? Menambah program studi
? Meningkatkan jenjang program studi (S2 dan S3)
? Membangun Business Incubators and Science Parks
? Mengoptimalkan kinerja LPPM, Pusat Studi dan Laboratorium


2. Kebijakan dasar
? Setiap dosen diharuskan untuk meningkatkan materi ajar
berdasarkan hasul penelitian
? Setiap dosen akan mendapat insentif kalau mempublikasikan paper
? Setiap dosen TP dan AA tidak diperkenankan melakukan kegiatan
ajar mengajar kalu tidak melakukan penelitian.


3. Indikator kinerja
? Output penelitian sebagai pendukung proses pembelajaran
? Jumlah hibah penelitian meningkat