Struktur & Manajemen

Dalam struktur keorganisasian, LPPM UKI bertanggung jawab langsung kepada Rektor, karena LPPM UKI berada langsung di bawah koordinasi Rektor. Proses penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di UKI dilaksanakan secara berjenjang dari universitas sampai ke fakultas, bahkan dilaksanakan sampai ke program studi.
Sehingga mencapai hasil yang lebih baik dan maksimal, maka dalam menjalankan tugasnya dalam lingkungan UKI, LPPM mempunyai rekan kerja secara terstruktur, yaitu di setiap fakultas ditentukan salah satu koordinator penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat

Struktur organisasi LPPM UKI digambarkan sebagai berikut:


\



Organisasi Managemen

Berdasarkan pada Peraturan Yayasan UKI No. 88/YUKI/A.402/5.2015 tentang Statuta Universitas Kristen Indonesia Tahun 2015 Pasal 42 , Maka LPPM UKI Resmi berdiri.

Fungsi dan Tugas pokok Struktural LPPM :


Ketua LPPM

Fungsi

- Merencanakan dan menetapkan kebijakan dan sasaran mutu LPPM
- Melakukan kontrol atas pelaksanaan rencana kerja yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Tugas Pokok

- Memegang tanggung jawab tertinggi terhadap semua Jasa Pelayanan yang dihasilkan oleh LPPM UKI.
- Bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu LPPM UKI.
- Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rencana kerja LPPM UKI dilaksanakan untuk mencapai sasaran mutu, dan sistem manajemen mutu tetap dilaksanakan sesuai dengan perubahan/perkembangan LPPM UKI.
- Menyusun program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
- Menyusun Rencana Induk Penelitian dan PKM berdasarkan Road Map Penelitian dan mengembangkan payung penelitian dan PKM berbasis IPTEKS serta menentukan arah Penelitian dan PKM
- Mengorganisasikan Kepala Pusat Penelitian dan Pusat PKM dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik.
- Membina bawahan di lingkungan LPPM untuk meningkatkan kemampuan dan disiplin kerja
- Menetapkan rumusan informasi hasil Penelitian dan PKM berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk diketahui oleh masyarakat.
- Menetapkan kriteria dan menelaah makalah ilmiah sesuai dengan jenisnya sebagai bahan makalah untuk jurnal ilmiah di LPPM
- Menetapkan rumusan naskah kerjasama Penelitian dan PKM dengan instansi terkait di luar Universitas sebagai pedoman kerja.
- Menyusun laporan lembaga Penelitian dan PKM sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.


Kabid Penelitian

Fungsi

- Merencanakan dan menetapkan kebijakan dalam pelaksanaan penelitian.
- Melaksnakan program-program penelitian yang sudah disepakati bersama dengan Ketua LPPM dan juga kabag yang lain.
- Melakukan kontrol atas pelaksanaan rencana kerja penelitian yang sudah ditetapkan sebelumnya di tingkat fakultas.

Tugas Pokok

- Memegang tanggung jawab terhadap pelaksanaan penelitian di setiap fakultas.
- Bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu penelitian UKI.
- Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rencana kerja penelitian di setiap fakultas dilaksanakan untuk mencapai sasaran mutu, dan sistem manajemen mutu tetap dilaksanakan sesuai dengan perubahan/perkembangan LPPM UKI.
- Menyusun rencana dan program kerja Penelitian sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
- Menyusun Rencana Induk Penelitian berdasarkan Road Map Penelitian dan mengembangan payung penelitian dan PKM berbasis IPTEKS serta menentukan arah Penelitian.
- Mengkoordinasikan Kepala Pusat Pusat Penelitian dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik.
- Membina bawahan untuk meningkatkan kemampuan dan disiplin kerja.
- Menetapkan rumusan informasi hasil penelitian berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk diketahui oleh masyarakat.
- Menetapkan kreteria dan menelaah makalah ilmiah sesuai dengan jenisnya sebagai bahan makalah untuk jurnal ilmiah di LPPM.
- Menetapkan rumusan naskah kerjasama penelitian dengan instansi terkait di luar Universitas sebagai pedoman kerja.
- Menyusun laporan penelitian sesuai denganhasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kabid Pengabdian kepada Masyarakat

Fungsi

- Merencanakan dan menetapkan kebijakan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
- Melaksnakan program-program pengabdian kepada masyarakat yang sudah disepakati bersama dengan Ketua LPPM dan juga kabag yang lain.
- Melakukan kontrol atas pelaksanaan rencana kerja pengabdian kepada masyarakat yang sudah ditetapkan sebelumnya di tingkat fakultas.

Tugas Pokok

- Memegang tanggung jawab terhadap pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di setiap fakultas.
- Bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu pengabdian kepada masyarakat di UKI.
- Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rencana kerja pengabdian kepada masyarakat di setiap fakultas dilaksanakan untuk mencapai sasaran mutu, dan sistem manajemen mutu tetap dilaksanakan sesuai dengan perubahan/perkembangan LPPM UKI.
- Menyusun rencana dan program kerja PKM sebagai pedoman pelaksanaan tugas
- Menyusun Rencana Induk PKM berdasarkan Road Map daqn mengembangkan payung penelitian dan PKM berbasis IPTEKS serta menentukan arah PKM
- Mengkoordinasikan kepala Pusat-Pusat PKM dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik.
- Membina bawahan untuk meningkatkan kemampuan dan disiplin kerja
- Menetapkan rumusan informasi hasil kegiatan PKM berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk diketahui oleh masyarakat.
- Menetapkan kriteria dan menelaah makalah ilmiah sesuai dengan jenisnya sebagai bahan makalah buntuk jurnal ilmiah di LPPM
- Menetapkan rumusan naskah kerjasama PKM dengan instansi terkait diluar Universitas sebagai pedoman kerja.
- Menyusun laporan kegiatan PKM sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.


Kabag Pusat Kajian

Fungsi

- Merencanakan dan menetapkan kebijakan dalam pelaksanaan pusat-pusat kajian di UKI.
- Melaksnakan program-program pengembangan pusat-pusat kajian di UKI yang sudah disepakati bersama dengan Ketua LPPM dan juga kabag yang lain.
- Melakukan kontrol atas pelaksanaan rencana kerja pengembangan pusat-pusat kajian di UKI yang sudah ditetapkan sebelumnya di tingkat fakultas.

Tugas Pokok

- Memegang tanggung jawab terhadap pelaksanaan pengembangan pusat-pusat kajian di UKI.
- Bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu pusat-pusat kajian di UKI.
- Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rencana kerja pengembangan pusat-pusat kajian di UKI dilaksanakan untuk mencapai sasaran mutu, dan sistem manajemen mutu tetap dilaksanakan sesuai dengan perubahan/perkembangan LPPM UKI.

 

Staff Administrasi

1. Koordinator Pengelola Program

- Mengkoordinasikan kegiataan LPPM.
- Mendukung dan mensinergikan program/kegiatan pusat pusat studi.
- Mengkomunikasikan program LPPM dengan kapuslit fakultas/pps dan sebaliknya, mendata dan menginformasi kegiatan kapuslit fakultas/Pps kepada LPPM.
- Membuat laporan dan mendokumentasikan kegiatan LPPM termasuk kegiatan pusat studi.
- Bersama Kabid Penelitian dan PKM mendata hasil karya penelitian dan PKM dosen-dosen UKI, termasuk hasil karya yg dilaporkan dlm BKD.
- Berkoordinasi dgn bagian kerjasama BHK UKI mengembangkan kerjasama UKI dgn mitra terkait bidang penelitian dan PKM sesuai standar SPMI.
- Mempersiapkan bahan evaluasi dan monitoring pelaksanaan kegiatan Penelitian dan PKM.
- Melakukan pengarsipan dokumen yang berhubungan dengan kegiatan Penelitian dan kegiatan PKM.

2. Sekretariat

- Membantu pimpinan LPPM menjalankan tugas administratifnya
- Membantu menjalankan program kerja LPPM
- Menyusun laporan-laporan baik kegiatan dan keuangan serta laporan tahunan kegiatan LPPM
- Menata dan mengkoordinaskan manajemen teknis administrasi LPPM
- Menampung semua surat-surat masuk dan surat keluar yang ditandatangani ketua LPPM
- Menyusun laporan publikasi dan mendokumentasikan seluruh hasil karya dosen-dosen UKI.
- Mendampingi pimpinan LPPM dalam rapat-rapat rutin dengan jajaran para kepala nidang dan kepala pusat studi atau koordinasi dengan kapuslit dalam rangka pencatatan notulensi.
- Melaksanakan urusan kesekretariatan di lingkungan lembaga, berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas
- Menyusun konsep usul pengadaan barang perlengkapan sesuai dengan data dan informasi sebagai bahan masukan pimpinan LPPM
- Menyusun konsep usul penghapusan barang perlengkapan sesuai dengan data dan informasi sebagai bahan masukan ketua LPPM
- Menjaga dan merawat asset yang ada di LPPM serta menginventarisir keseluruhan sarana prasarana yang ada di LPPM
- Melaksanakan urusan kesekretariatan di lingkungan lembaga, berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas
- Menyusun konsep jadwal kegiatan lembaga sesuai dengan data dan informasi sebagai masukan untuk ketua LPPM
- Menghimpun dan mengadministrasikan usulan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
- Menyusun dan mencatat semua usulan penelitian dan abmas dosen dan mahasiswa untuk ditindak lanjuti oleh para kepala pusat dan pimpinan LPPM

3. Publikasi dan Dokumentasi

- Menerima berkas usulan proposal Penelitian dan PKM untuk disampaikan kepada Kabid. Penelitian atau PKM untuk diproses lebih lanjut.
- Memeriksa kelengkapan berkas usulan proposal Penelitian dan PKM berdasarkan ketentuan.
- Mencatat dan mendokumentasikan hasil penelitan dan PKM atau kegiatan LPPM lainnya
- Bersama kabid terkait memverisikasi data hasil peneltiian atau PKM, melakukan rekapitulasi data dan mengirimkannya sesuai kepentingannya (Akreditasi dan atau pemeringkatan) dan pembuatan prosiding/buku/jurnal atas hasil karya akademisi UKI
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.